Senin, 02 Mei 2011

Kewajiban dan tanggung jawab

Diposting oleh Rika Sri Juwita di 07.30
Kewajiban dan tanggung jawab

Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun tidak disengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya. Apabila dikaji, tanggung jawab itu adalah kewajiban atau beban yang harus dipikul atau dipenuhi sebagai akibat dari perbuatan pihak yang berbuat, atau sebagai akibat dari perbuatan pihak lain, atau sebagai pengabdian, pengorbanan pihak lain. Tanggung jawab sangat dibebankan pada setiap manusia. Apa yang kita lakukan, apa yang kita perbuat harus mampu dipertangung jawabkan.  Semua kewajiban kita juga harus dipertanggung jawabkan.
Tanggung jawab dapat dibagi menjadi 3 yaitu :
1.     Tanggung jawab terhadap diri sendiri
2.     Tanggung jawab terhadap Keluarga
3.     Tanggung jawab terhadap masyarakat
4.     Tanggung jawan terhadap Tuhan.
1 .Tanggung jawab terhadap diri sendiri
Tanggung jawab terhadap diri sendiri menuntut kesadaran setiap orang untuk memenuhi kewajibannya sendiri dalam mengembangkan kepribadian sebagai manusia pribadi.
Contoh :
a. Susi tidak belajar padahal esok hari akan ada test. Ia malah bermain bersama teman-temannya. Akhirnya ketika tiba waktu ujian, rika tidak dapat mengerjakan semua soal dengan benar. Dan ia pun mendapatkan nilai merah dirapornya sehingga ia harus mengulang kelas. Konsekuensi dari mengulang kelas merupakan tanggung jawab sendiri akan kesombongannya.


2 .Tanggung jawab terhadap keluarga
Keluarga merupakan masyarakat kecil. Keluarga terdiri dari suami-isri, ayah-ibu dan anak-anak, dan juga orang lain yang menjadi anggota keluarga. Tiap – tiap anggota keluarga wajib bertanggung jawab kepada keluarganya. Tanggung jawab ini menyangkut nama baik keluarga. Tetapi tanggung jawab juga terhadap kesejahteraan, keselamatan, pendidikan dan kehidupan.
Contoh :
a.     Seorang ayah yang rela bekerja keras dari pagi hingga malam demi memenuhi kebutuhan anak-istrinya.
b.     Seorang ibu dan ayah membimbing dan mengasuh anaknya dan memberikan contoh yang baik dialam berkeluarga.
3. Tanggung jawab terhadap masyarakat
Pada hakekatnya manusia tidak bisa hidup tanpa bantuan manusia lain, sesuai dengan kedudukannya sebagai makhluk sosial. Karena membutukan manusia lain maka ia harus berkomunikasi dengan manusia lain tersebut. Sehingga dengan demikian manusia disini adalah anggota masyarakat yang tentunya mempunyai tanggung jawab seperti anggota masyarakat yang lain agar dapat melangsungkan hidupnya dalam msyarkat tersebut. Maka wajar saja apabila segala tingkah laku dan perbuatan harus dipertanggung jawabkan kepada masyarakat.
Contoh :
a.     Setiap warga wajib ikut dalam ronda demi terciptanya keamanan dan kenyamanan dalam lingkungan masyarakat.
b.     Sebagai warga Negara Indonesia wajib membayar pajak, ini merupakan salah satu kewajiban dan tanggung jawab bagi warga Negara Indonesia.

4. Tanggung jawan terhadap Tuhan.
Tuhan menciptakan manusia di bumi ini bukanlah tanpa tanggung jawab, melainkan untuk mengisi kehidupannya manusia mempunyai tanggung jawab langsung terhadap Tuhan. Sehungga segala tindakan manusia tidak terlepas dari hukuman-hukuman atau aturan – aturan Tuhan yang dituangkan di berbagai kitab suci melalui berbagai macam agama. Bila manusia melakukan pelanggaran maka Tuhan akan memperingatkan dengan hukuman yang keras tetapi jika manusia tersebut masih menghiraukan peringatan dari Tuhan maka Tuhan akan melakukan kutukan. Dengan mengabaikan perintah – perintah Tuhan berarti meninggalkan tanggung jawab yang seharusnya dilakukan manusia terhadap Tuhan sebagai pencipta, bahkan untuk memenuhi tanggung jawabnya, manusia perlu pengorbanan.
Contoh : setiap umat muslim wajib melaksanakan puasa selam 1 bulan apabila telah datang bulan suci Ramadhan. Hal tersebut dilakukan sebagai wujud dari menaati perintah/aturan yang telah diperintahakan oleh Allah SWT.
Itu semua merupakan jenis-jenis dan contoh-contoh tanggung jawab. Berani melakukan harus berani pula bertanggung jawab.




0 komentar:

Posting Komentar

 

Rika blog Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Emocutez